arifin62

Do’a kami untuk Wakil Kejaksaan Kaltim

In 1 on Oktober 31, 2008 at 8:45 am

Ya Allah, kami berkumpul ditempat ini, nenyaksikan saudara kami, bersumpah untuk menjadi pejabat yang akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat kami, berdedikasi tinggi, dalam rangkaian upaya mengungkapkan berbagai kemukaran yang terjadi, menegakkan hukum, serta mewujudkan  keadilan di negeri ini. Ya Allah, suburkanlah kesadaran dalam dada kami, bahwa jabatan  yang kami pangku, adalah amanah masyarakat yang terpikul diatas pundak kami, yang harus kami penuhi dengan  pengabdian kepada negara dan bangsa ini. Ya Allah, kami sadari sepenuhnya, bahwa jabatan yang kami pangku,  sarat dengan tantangan,  godaan sogokan dan pemerasan,rawan intervensi dan intimidasi.Oleh karena itu Ya Allah tumbuhkanlah semangat kerja, disiplin yang tinggi dan keteguhan pada jiwa kami, agar  kami dapat memenuhi amanah itu, dengan sebaik-baiknya, bekerja keras dan jujur, terhindar dari dorongan nafsu yang rakus  dan thamak, nafsu yang menjatuhkan kami pada tindakan tidak terpuji, koropsi, nepotisme dan kolusi, yang merugikan bangsa, negara dan menjerumuskan diri kami sendiri, serta mempermalukan institusi kami. Tunjukkanlah kepada kami Ya Allah, mana yang baik, dan berikanlah kami kemampuan untuk melakukannya, nampakkan juga kepada kami mana yang salah dan berilah kami kesanggupan untuk menjauhinya, agar kami dapat memenuhi tanggung jawab ini secara terhormat dan mengakhiri  jabatan kami  dengan terpuji. karena kepada Mu lah segalanya, nanti kan kami pertanggungjawabkan, disuatu hari,

اليوم نختم على افواههم وتكلمنا ايديهم وتشهد ارجلهم بما كانو يكسبون

dimana parda hari itu, semua mulut jadi terkunci, tangan yang berbuatlah yang berbicara dan kaki yang melangkah turut menjadi saksi, dan Engkau Tuhan Yang Maha Adil akan memberikan balasan, dengan keadilan  yang tidak dapat kami pungkiri.

Demikian diantara beberapa bait do’a yang dipanjatkan oleh Drs. H. Kurniadi pada saat pelantikan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim dan Kejaksaaan Negeri Samarinda, Kamis, 17 Oktober yang lalu di Aula Kejaksaan Tinggi Kaltim, Samarinda Seberang.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Iskamto melantik Muhammad Sidik, SH sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim dan RA. Sri Lestari Ujianti, SH, sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda. Sebelum Do’a dipanjatkan, Dalam sambutannya, Kajati megingatkan pejabat yang dilantik agar bekerja dengan baik, bersungguh-sungguh serta senantiasa menjaga nama baik institusi Kejaksaan.

Seusai acara resmi, dilanjutkan dengan ramah tamah, dan saat itu Muhammad Sidik, SH, Wakajati yang baru dilantik menyampaikan ucapan terimasihnya kepada Drs. H. Kurniadi atas do’anya yang spesifik itu.

Dan kita masyarakat Kaltim tentunya  turut bangga atas sikap Wakajati yang demikian respek terhadap isi do’a itu, meskipun itu Cuma do’a serimonial, tapi nampak pesan moralnya sangat kuat, dan Wakajati nampaknya sudah menangkap pesan moral itu, maklum saat itu institusi kejaksaan sedang tertimpa musibah; tercorengnya nama baik dengan adanya ulah oknum Kepala Kejaksaaan Negeri di Gorontalo yang memeras Bupati dan menghina institusi Kepolisian. Pembicaraan yang berisi pemerasan itu terekam oleh pihak yang diperas dan rekamannya beredar luas di masyarakat Baulemo dan bisa disaksikkan ditelevesi nasional beberapa hari belakangan ini. Kiranya pantaslah kalau semua aparatur pmerintah termasuk diluar Kejaksanaan, dapat menangkap pesan moral yang sama dari beberapa bait do’a sebagaimana yang kita kutip diatas tadi,  Semalamat dstsng di Bumi Etam dan selamat bertugas pak Muhamad Sidik, SH juga bu RA. Sri Lestari Ujianti, SH, Untukmemberantas kemunkaran, pedangnya ada di tagan Bapak dan Ibu, kami, masyarakat Bumi Etam mendo’akan senoga Bpak dan Ibu dapat menjalankan tugas dengan baik serta meniti karir hingga husnul khotimah, amin……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: