arifin62

KHUTBAH ADHA 1429 H

In 1 on November 8, 2008 at 3:05 pm

ADHA 1429

الله اكببر     لا اله الا الله والله اكبر,الله اكبر ولله الحمد.  الله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا .  لا اله الا الله والله اكبر,الله اكبر ولله الحمد.

الحمد للهنحمده ونستعينه ونستغفره ونعود بالله من شرور انفسنا ومن سيئات اعمالنا. من يهده الله فلا مضل له   ومن يضلل فلا هادي له . وا شهد ان لا اله الا الله وحده لا  شريك له . واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين. اما بعد , فيا عباد الله  اوصيكم        ونفسي بتقوى الله فقد فاز من اتقى وخاب من طغى. قال الله تعالي :

الله اكبر ,الله اكبر ولله الحمد

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Alhamdulillah dengan ijin dan kehendak Allah Swt. kita kaum muslimin diseluruh dunia kembali mendapat kesempatan yang begitu berharga, karena dipagi yang mubarak ini, kita dapat merayakan Idul Adha tahun ini dengan penuh khusu’  dan khidmat.

الله اكبر ,الله اكبر ولله الحمد

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Jutaan umat Islam, 210.000 orang jamaah yang resmi dari Indonesia  berkumpul ditanah suci guna memenuhi panggilan Allah, mengerjakan ibadah haji.

Karena, bagi mereka yang kaya, punya biaya untuk bepergian ke Makkatul mukarramah, mereka yang sudah istithaah, diwajibkan untuk berhaji. Kewajiban ini, bagi kita ummat Islam Indonesia khususnya, dipandang sebagai lambang puncak prestasi dibidang ekonomi yang keberhasilannya  dalam mengumpul harta disertai kerelaannya untuk menggunakan hartanya itu untuk mengabdi kepada Allah swt. Hal itu terlihat dari kadar biaya yang cukup besar untuk ongkos melaksanakan ibadah haji itu.

Banyak sudah orang berduit yang rela menggunakan hartanya untuk melaksanakan kewajiban berhaji ini, karena kesadaran yang kuat bahwa harta yang sudah berhasil ia kumpulkan sebegitu banyak, adalah karena kemurahan Allah yang semuanya hanya untuk digunakan mengabdi kepada Allah swt, mereka juga sadar akan ancaman Allah melalui Rasulnya yang pernah bersabda;

من كان له سعة فلم يحج فاليمت ان شاء يهود يا او ان  شاء نصرانيا

Siapa saja yang sudah mampu untuk berhaji, tapi jika ia tidak mau melakukannya, maka ia boleh memilih kematiannya, apakah ia mau mati sebagai Yahudi ataukah Nasrani.

Untuk mreka yang sedang menunaikan ibadah haji, kita berharap kiranya mereka dapat menunaikan ibadah haji dengan sempurna, dengan niat yang tulus, selamat kembali ketengah-tengah kita, semuanya membawa probahan, paling tidak identitas baru dengan tambahan nama “haji” dengan ciri khas penampilan peci putih. Tentunya bukan sekedar itu yang dicari, marilah kita doakan agar mereka semua mencapai haji mabrur, kemabruran itu terpancar pada perilaku, sikap hidup sehari-hari, dalam hal ibadah kepada Allah, ibadah sosial sesama manusia dan sikap pergaulan sehari-hari. Amin-amin  ya Rabbbal alamin.

Jamaah Ieduladha Rahimakumullah

Kita yang ada disini, juga berharap kiranya perilaku yang terpancar dari haji mabrur itu dapat kami tiru, kita teladani dalam kehidupan kita sesama. Dengan demikian pantasalah kita semua berharap agar dapat meraih apa yang dijanjikan Allah;

الحج المبرور ليس له جزاؤ الاالجنة

Balasan yang paling pantas untuk haji mabrur itu hanyalah syurga.

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Kita yang belum punya kemampuan, mudah-mudahan dalam usia yang tersisa nanti, suatu saat akan dapat rezki yang dapat digunakan untuk menunaikan ibadah haji itu bersama orang orang yang kita cintai. Amin ya rabbal alamin.

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Pada musim haji tahun 1429 ini, ribuan calon haji dari daerah jawa barat yang terpaksa gagal diberangkatkan ketanah suci, itu memang suatu kenyataan pahit, tapi selaku hamba allah yang percaya akan adanya qadha dan qodar, maka semua yang terjadi pada diri kita, kita kembalikan kepada Allah, keberangkatan ketanah suci untuk berhaji menjadi tertunda, itu sudah pasti karena kehendak Allah yang sudah ditakdirkannya atas diri kita, dan tentu saja banyak hikmah di balik itu.

Untuk itu marilah kita do’akan, semoga warga kita yang tertunda keberangkatannya ketanah suci tahun ini, kiranya diberikan Allah ketabahan, dan dipanjangkan umur hingga dapat menunaikan ibadah haji di tahun depan. Amin ya rabbal alamin.

warga kita yang tertunda keberangkatannya ketanah suci tahun ini, akan banyak kesempatan untuk tambah merenung, introspeksi diri, sudah siapkah untuk menjadi haji mabrur, sudahkah melakukan kebiasaan kebiasaan yang seharusnya dan semeestinya selaku orang yang sudah haji, sudahkah ilmu manasik haji dikuasai dengan baik, dsb.

APA YANG DILAKUKAN
SELAMA BERHAJI

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Selama berhaji di tanah suci, jamaah haji selalu dan selalu,

1.    Selalu sholat berjamaah di masjid, bahkan sampai 40 waktu berturut turut tanpa putus di mashid nabawi Madinah atau yang dikenal dengan istilah sholat arba in.

2.    Selalu melaksanakan sholat sunat Tahajjud dan rawatib.

3.    Banyak berzikir dan Ber I’tikaf di Masjid,

4.    Banyak membaca Alqor an.

5.    Selalu  berpakaian menutup aurat

6.    Selalu memenuhi kewajiban serta menghormati hak orang lain.

7.          Selalu berlaku jujur

8.          Selalu menjauhi kemunkaran

9.          Selalu menghindari pertengkaran.

10.           Selalu Selalu sabar menderita.

11.           Selalu membantu orang lain

12.           tidak angkuh.

13.           tidak sayang berlebihan pada harta

14.           Membersihkan penghasilan dari yang haram atau syubhat,

Dengan melakukan semua itu mereka berharap untuk bisa pulang dengan semangat haji mabrur.

HAJI MABRUR, adalah

HAJI YANG MEMBAWA PERUBAHAN  PERILAKU MENJADI LEBIH BAIK  DARI SEBELUM BERHAJI

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Haji Mabrur, Allah maha tahu apa hakikat haji mabrur itu, akan tetapi Diri sendiri yang merasa, tetangga dan kawan-kawan yang melihat buktinya, oleh karena itu maka

SETELAH PULANG HAJI,seharusnya

1.    Suka banyak beribadah

2.    Terlihat rajin sholat berjamaah di masjid/langgar terdekat.

Setiap waktu sholat dimasjid atau langgar, terutama subuh, isya, apalagi magrib, semestinya jumlah haji yang terlihat dalam deretan  shaf, mestinya tidak lebih sedikit dari jumlah orang yang sudah haji disekitar situ, jangan malah sebaliknya jumlah orang haji yang hadir saat tasmiyahan nampak cukup banyak tapi saat sholat berjamaahkopiah haji malah hampir tidak kelihtan,  orang orang yang sudah haji ,mestinya jadi teladan, pelopor sholat berjamaah,karena saat berhaji sudah melakukan sholat arbain, berjamaah 40 waktu berturut turut tanpa putus di masjid Rasulullah, madinah. Bahkan saat di Makkah, kadang kadang dua jam lagi sebelum zohor sudah pergi kemasjid. Maka setelah pulang haji mestinya malu pada diri sendiri, malu kepada malaikat, malu kepada Allah, jika malas sholat berjamaah di masjid, apalagi jika rumah dekat dengan masjid atau langgar.

3.    Selalu melaksanakan sholat sunat rawatib dan tahajjud.

4.    Suka banyak berzikir

5.    Selalu berpakaian menutup aurat

6.    Selalu melaksanakan kewajiban serta

7.    Tidak berlaku zalim terhadap hak orang lain.

8.    Tidak berbuat khianat

9.    Selalu menjauhi kemunkaran

10.           Lebih sabar dalam menghadapi orang lain.

11.           Hanya berbicara yang baik baik dan sopan.

12.           Lebih sabar bila ditimpa penderitaan.

13.           Suka membantu orang lain, Sikap Tawadhu, tidak angkuh dalam pergaulan.

14.           Tidak sayang berlebihan pada harta, tidak tambah pelit

15.           Menghindari penghasilan yang haram atau syubhat

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

BAGI YANG BELUM BERHAJI, mari kita RAIH MABRURNYA. Kita raih mabrurnya haji itu dengan mengamalkan   semua pekerjaan orang berhaji seperti tersebut tadi,hingga, jka belum dapat berhaji, insyaallah dapat mabrurya.

Mudah-mudahan dalam usia yang tersisa nanti, jika saatnya tiba, kita diberi rezki yang dapat igunakan untuk berhaji, maka meraih haji mambrur itu insyaallah akan dimudahkan oleh Allah.  Amin ya rabbal alamin.

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Dalam memeriahkan syi ar idul adha, maka dianjurkan untuk melakukan upaya pendekatan diri kepada Allah swt, dengan cara besedekah dengan daging hewan ternak, atau yang kita kenal dengan istilah berqorban. Qorban maksudnya adalah mendekatkan diri epada Allah dengan berqorban itu tadi. Ibadah qorban ini terntu saja dengan harta, karena binatang ternak yang kita sembelih, kita bagikan kepada jiran tetangga, marupakan bagian dari wujud harta kita.

Ibadah qorban, disamping sebagai perwujudan pengabdian kita kepada Allah, ia juga merupakan wujud ukhuwwah kita sesama muslim, yang dikatakan bagaikan satu tubuh manusia, bilamana salah satu anggota tubuh itu sakit, maka otomatis bagian tubuh lainnya ikut menderita. Karena sudah terbiasa bermurah hati sebagai hasil didikan ajara qorban, maka jika ada tetangga, jiran seagama yang menderita, maka mereka yang punya kelapangan spontan ikut menolongnya.

Para ulama berpendapat hukum berqorban adalah  sunnah muakkad, bahkan menurut Imam Abu Hanifah hukumnya adalah wajib atas orang yang punya kelapangan harta. Begitu kuatnya anjuran agar berqorban, tergambar dalam suatu sabda rasulullah saw.

من وجد سعة فلم يضح فلا يقر بن مصلىنا

Siapa yang ada kelapangan harta,tapi tidak berqorban, maka orang itu janganlah mendekati tempat kami sembahyang ini.

Kalau ada orang kaya yang tidak mau berqorban, maka seharusnya ia malu kepada masyarakat ekonomi kelas bawah, yang telah memberikan pelajaran barharga. Banyak orang yang tergolong belum mampu, tapi tidak sedikit diantara mereka yang tetap berqorban, meski dengan cara arisan atau gotong royong. Apakah itu qorban yang sesuai persis dengan ajaran  syari ah ataukah tidak, bagi mereka tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah semangat berkorban dari jiwa mereka yang tulus, dapat tersalurkan secara wajar, wajar menurut batas kemampuan mereka, satu ekor sapi, tidak mampu oleh tujuh orang, mereka tanggung oleh 21 orang.

Pengalaman hidup bermasyarakat sering membuktikan bahwa orang-orang seperti itu biasanya lebih gampang untuk diajak bekerjasama dalam hal-hal kebaikan yang menuntut pengorbanan, lebih mudah daripada orang kaya yang tidak berqorban.

Kalau sikaya sudah terbiasa bermurah hati, selalu berqorban, tentu saja ia menjadi orang yang suka menolong terhadap yang kesusahan, karena ajaran qorban telah mendidik jiwanya sedemikian rupa. Maka orang-orang kaya itu pasti bukan hanya bersedakah dengan seekor kambing atau sepertujuh sapi setahun sekali saja, bahkan tentu mereka tidak keberatan sedikit pun untuk memberikan modal kerja jika ada tetangga miskin yang memerlukan bantuan semacam itu. Jika ada seorang warga yang miskin yang memerlukan modal usaha, ironis sekali, sangat disesalkan apabila ia tidak mendapat pinjaman dari sikaya padahal sikaya berkali-kali pergi berhaji, jika ada kejadian seperti ini, maka kita jamaah masjid ini perlu bersama- sama merenungkannya.

Yang keempat. Segenap umat Islam yang tidak mengerjakan ibadah haji, disunnahkan untuk mengerjakan shalat ied pada tanggal 10 zul hijjah nanti, dengan cara berjamaah, disemarakkan dengan mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid hingga hari ke tiga belas.Kita kumandangkan takbir, tahlil dan tahmid itu sebagai pengakuan akan keagungan ِِِِ Allah, tentunya bukan hanya di mulut saja, tapi benar-benar dari lubuk hati, diikuti dengan perbuatan nyata, mengerjaka apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang Nya.

Dengan demikian, Insyallah kita akan dimasukkan oleh Allah sebagai hamba-hambanya yang beriman, dan kematian kita nantinya sebagai muslim sejati.

ياأيـهالـذ يـن آمـنـوا اتـقـوا الله والـتـنـظـر نـفـس ما قـد مـت   لـغـد واتـقـوا الله, ان الله خـبـيـر بـما تـعـمـلـون, ولا تكونوا   كالـذ يـن نـسـواالله فأنـساهـم انـفـسهـم أولئـك هـم الفُـسقـون

Hai orang – orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaknya setiap orang memikirkan apa yang ia persiapkan untuk hari esoknya. Bertaqwalah kepada Allah, karena Allah maha mengetahui atas apa saja yang kamu kerjakan. Janganlah kamu menjadi bagaikan orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah membuat mereka lupa pada diri sendiri, mereka itulah orang-orang yang fasiq.

Jamaah Iedul adha Rahimakumullah

Mari kita bertaubat kepada Allah atas segala kekeliruan kita selama ini, saya bertaubat atas dosa saya, anda bertaubat atas dosa anda, para pejabat bertaubat atas keasalahnnya, semuanya bertaubat kepada Allah dengan taubatan nasuha, seiring memperkuat semangat persaudaraan atau ukhuwwah Islamiyah, kita petinggi semangat berani berkorban demi ukhuwwah itu sendiri,  dn ukhuwwah itu kita mulai dari kebiasaan kita selalu dan selalu sholat berjamaah di masjid ini. Mari kita pastikan, sejak idul adha hari ini, bahwa diri kita masing masing akan menjadi pelopor gerakan meramaikan masjid atau langgar dengan sholat berjamaah, agar kiranya dengan rida Allah, kita dapat bersama sama membangun kembali kehormatan dan kemakmuran bangsa Indonesia yang sebagian besar warga negaranya beragama Islam  ini. Amin ya rabbal alamin.

بارك الله لي ولكم في القرأن العظيم ونفعني واياكم بما فيه من الايات والدكر الحكيم وتقبل مني ومنكم تلاوته انه هو السميع العليم . اقول قولي هذا واستغفرالله لي ولكم ولسائرالمسلمين والمسلمات فاستغفروه انه هو الغفورالرحيم.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: