arifin62

KHOTBAH PUASA

In Tak Berkategori on Agustus 27, 2010 at 9:16 am

YANG TIDAK PUASA ITU PENGECUT

الحمد لله الذى هدنا لدين القويم ، وأنعم علينا أن كنا من المؤمنين،

وشرع لنا بخمسة اركان الدين والشكر له أن كنا من المتعبدين الشاكرين .اشهد أن لااله الالله وحده لا شريك له وأشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله، شهادة الموحدين

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله واصحابه المهديين، وسلم تسليما كثيرا عدد المخلوقين

اما بعد، أيها الحاضرون، اتقوالله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون

Bertaqwalah kepada Allah, dengan melakukan segala apa yang diperintahkan, dan menjauhi apa yang dilarang, dengan hati yang tulus, ikhlas , karena menghambakan diri kepada Allah SWT.

Mari kita panjatkan puji dan haturkan rasa syukur yang tiada terhingga kehadirat allah swt , Tuhan yang maha mulia , maha agung dan pemurah , atas kemurahannya lah terlimpah rahmah  dan barakah , Marsehingga kita telah dapat mengisi Ramadahan ini dengan segala ibadah , baik ibadah mahdalah , maupun ibadah sosial , seperti sholat , puasa , tadarus al – qur ‘ an , zakat dan shadaqah dan insyaallah di penghujung ramadhan nanti akan dapat kita disempurnakan pula dengan zakat fitrah .

Kiranya mudah – mudahan semuanya itu  diterima disisi  Allah , sebagai amal yang dilandasi dengan niat yang tulus ikhlas , bebas dari cacat riya dan sum ‘ ah .

Saat idul fitri tiba, itu adalah saat – saat yang penuh kebahagiaan , suatu rasa bahagia yang di rasakan oleh segenap ummat Islam , baik mereka yang telah berpuasa tunai sebulan penuh maupun mereka yang tidak berpuasa sekalipun . Yang puasanya tunai dan yang tunai tidak pusanya , sama – sama merasa gembira , akan tetapi sebab  atau alas an yang menimbulkan kegembiraan kegembiraan itulah yang berbeda diantara mereka , perbedaan itu sangat menyolok tentunya .

Bagi mereka yang tidak tunai puasanya tanpa alasan yang tepat , maka dipenghujung Ramadhan nanti , mereka turut bergembira karena mereka merasa telah terbebas dari pengawasan masyarakat umum yang membelengu dirinya selama ini , selama bulan puasa ini ia merasa tidak bebas untuk makan minum atau merokok  di siang hari karena seakan – akan selalu di awasi dan diejek orang lain, Maka dengan erakhir nya ramadhan merekapun merasa terbebas dari belengu  perasaan seperti . tapi itu sebenarnya hanyalah kegembiraan semu belaka , karena jauh di lubuk hati yang paling dalam , hati kecilnya merintih , menyesali dirinya , bahwa ia telah  kalah dalam hidupnya selaku   muslim , ia telah kalah melawan nafsunya sendiri  .

Jauh berbeda dengan mereka yang seperti itu , maka bagi orang yang telah berpuasa dengan tunai , ia merasakan kebahaagiaan yang tiada tara , kegembiraan yang terbit dari lubuk hati yang bersih . Kegembiraan itu timbul dikarenakan ia telah dapat menyelesaikan tugas berat , berpuasa sebulan penuh . betapa rasa lega dan lapang dihati , karena kewajiban yang begitu berat dalam hal mengendalikan nafsu , seperti halnya berpuasa di bulan Ramadhan beserta amaliah – amaliah lainnya telah ia rampungkan , yang berarti ia telah mampu menyelesaikan perjuangan berat , jihadul akbar, perang melawan musuh dalam selimut , jihadunnafsi untuk menundukkan hawa nafsu agar nafsu itu dapat dikendalikan , itulah perbedaan dari segi sebab ataupun alasan timbulnyna rasa bahagia antara yang berpuasa dengan tunai dengan yang tunai tidak pusa Ramadhan . Sehingga nilai dan kadar kebahagiaannya pun juga berbeda tentunya.

Karena kegembiraan atas kemenangan orang yang telah berpuasa tunai itulah , maka sejak malam idul fitr , kita semua, segenap ummat Islam mengumandangkan takbir , tahlil dan tahmid , sebagai salah satu bentuk pernyataan rasa syukur kehadirat Allah swt .

Dalam surat Al  Baqarah , di penghujung ayat 185 Allah berfirman .

ولتكملواالعدة ولتكبرو االله على ماهدىكم ولعلكم تشكرون

Artinya : Hendaklah kamu mencukupkan bilangan puasamu , dan hendaklah kamu bertakbir , meng agungkan ِAllah karena Ia telah memberikan petunjuk kepadamu . dan agar kamu bersyukur

Kalau saja para tentara , kembali dari medan tempur dengan membawa kemenangan , pantaslah kalau mereka merasa   bahagia , dan luapan kebahagiaanya itu mereka lahirkan dalam bentuk sorak sorai . maka sudah barang tentu sorak sorai itu hanyalah milik prajurit yang turut berjuang .

Andai kata , gema takbir , tahlil dan tahmid yang kita ucapkan dihari raya idul fitri ini diibaratkan sebagai sorak sorainya prajurit yang menang , maka takbir dan tahlil itu hanyalah pantas di kumandangkan oleh orang orang yang berpuasa  di bulan Ramadhan , karena mereka itu lah yang sebenarnya telah berjuang guna  meraih kemenangan . mereka bertakbir dan bertahmid sebagai pernyataan rasa syukur atas petunjuk Allah sehingga mereka dapat meraih kemenagan dalam perjuangan melawan nafsu , dan kemenangan itu mereka rayakan dihari idul fitri.

Akan tetapi nyatanya , mereka yang tidak puasa pun juga ikut bertakbir , akan tetapi takbir itu mereka ucapkan dengan jiwa yang lesu , sambil menunduk , bersimpuh laksana prajurit yang telah dikalahkan . Takbir dan tahmid itu mereka ucapkan bukanlah sebagai pernyataan rasa bahagia, melainkan ha nyalah sebagai pernyataan rasa sesal atas dirinya yang telah bersikap pengecut , hingga ia malas berpuasa , malas untuk sekedar menahan makan   minum di siang hari Ramadhan . Mari kita do’a kan , semoga saudara saudara  kita yang seperti itu , akan benar benar menyesal , mau bertaubat kepada Allah sejak hari idul fitr tahun ini nanti , semoga ia tidak lagi akan bersikap pengecut , berani mengaku sebagai orang Islam , jangan hanya dalam KTP dan disaat mau menikah saja , tapi harus pula berani menerima tugas tugas kewajiban ke Islamannya itu , sehingga di bulan Ramadhan tahun depan ia benar benar rajin berpuasa .amin.

بارك الله لى ولكم فىالقرأن العظيم ونفعنى واياكم بمافيه من الايات  والذكرالحكيم اقول قولى هذا واستغفرواالله  لى ولكم أنه هوالغفورالرحيم

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: