arifin62

KRETERIA DAN PERSYARATAN AN TIM PENILAI KELUARGA SAKINAH TELADAN

In Tak Berkategori on Januari 12, 2011 at 3:16 pm

KRETERIA DAN PERSYARATAN ANGGOTA TIM PENILAI
KELUARGA SAKINAH TELADAN
Drs. H. Ahmad. Hijazi

Dasar

Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/203/Tahun 2010, tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan.

A. Kreteria
1. Beragama Islam
2. Usia minimal 45 tahun
3. Berpendidikan minimal S1 dan atau memiliki keahlian dibidang agama dan bidang yang dinilai.
4. Telah berkeluarga
5. Sehat jasmani dan rohani.
6. Mampu menyimpan rahasia.

B. Uraian

1. Beragama Islam

Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan ( versi BP-4 ) adalah sebuah kegiatan pemilihan Keluarga Sakinah Teladan yang bersifat Islamy, karena mana BP-4 atau Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan adalah sebuah organisasi keIslaman binaan Departemen Agama yang bergerak dalam usaha pelestarian perkawinan., oleh karena itu maka pesertanya adalah dari kalangan umat Islam dan oleh karena itu pula maka anggota Tim Penilainya juga mestilah beragama Islam.

Disamping beragama Islam, Tim Penilai tentunya juga memiliki pengetahuan keislaman yang pantas, karena mereka akan melakukan penilaian terhadap orang lain menyangkut hal hal yang berkaitan atau dari sudut pandang Islam.

2. Usia minimal 45 tahun.

Pekerjaan menilai orang lain, yang seharusnya obyektif, rentan atas subyifitas. Sikaf subyektif gampang terjadi bila ybs. Jiwanya masih labil dan emosional.
Pekerjaan menilai orang lain memerlukan kemantapan psikologis dan kestabilan emosional.
Menurut para ahli , kematangan jiwa seseorang umumnya dicapai sekitar usia 40 tahun. Begitulah para nabi dibangkitkan sebagai nabi pada usia 40.
Alqor an mengindikasikan demikian, sebagaimana dirman Allah dalam yang berbunyi

Walamma balaga asyuddahu……
Hatta iza balaga arba ina sanah…..

Karena pertimbangan seperti itulah maka aturan main Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan ( versi BP-4 ) menentukan angota Tim Penilai minimal berusia 45 tahun, karena usia 45 diyakini orang itu sudah benar benar matang,

Diharapkan penilaian berlaku objektif karena dilakukan oleh orang orang yang sudah matang, tentu saja mesti didukung dengan kemampuan pengetahuan dibidang yang dinilainya.

3. Berpendidikan minimal S1 dan atau memiliki keahlian dibidang agama dan bidang yang dinilai.

Peserta, keluarga, pasangan suami/isteri dan anak anaknya, yang merupakan keluarga berprestasi, umumnya mencapai pendidikan yang cukup.
Karena itu maka anggota Tim Penilai idealnya t idak lebih dibawah dari yang dinilai,

Yang tidak S1, juga dimungkinkan, karena yang dinilai tidak hanya terbatas pada aspek pendidikan formal, namun minimal kapasitasnya dan kemampuannya dalam bidang yang dinilainya dapat disetarakan dengan pendidikan S1.

4. Telah berkeluarga.

Objek yang dinilai adalah sebuah keluarga, suatu institusi yang mencakup pengalaman fisik dan psikologis, pengalaman jasmani rohani.

Oleh karena itu maka yang menilai sudah semestinya sudah mengalami juga apa yang dinilainya itu, dan oleh karena itu maka anggota Tim Penilai mestinya sudah berkeluarga.

5. Sehat jasmani dan rohani. Itu sudah umum

6. Mampu menyimpan rahasia.
Pada saat melakukan penilaian, Tim penilai akan mengatahui banyak hal menyangkut pihak yang dinilai, baik yang bersifat umum, lumrah, bahkan hal hal yang bersifat sangat pribadi dan tidak selurhnya layak diketahui oleh umum, misalnya;

a. Bagaimana keharmonisan antara suami isteri, dan anak anak. Kalau benar benar harmonis, boleh diketahui umum,. tapi kalau ternyata tidak harmonisnya, tentu aib kalau tersiar.
b. Bagaimana susana keadaan dalam rumah. Kalau kadaannya rapi, indah, tentu tidak salah diketaahui umum, tapi kalau berantakan, tentu juga aib.
c. Bagaimana hubungan dengan tetangga. Kalau dikenal baik, ya baik, kalau ternyata tidak akur, bertengkar dengan tetangga, itu juga tidak boleh tersiar lewat Tim Penilai.
d. Bagaimana hubungan dengan kawan kawan seprofessi
e. Bagaimana ibadah pribadi dan keluarganya.
f. dsb.

Hal hal itu hanya untuk kepentingan penilaian semata,dan apa bila tersebar menjadi konsumsi umum akan menjadi gossip yang dapat mempermalukan keluarga yang dinilai.

Oleh karena itu maka, setiap anggota Tim Penilai semestinya mampu merahasiakan apa yang mestinya dirahasiakan, menurut perintah atau menurut sifatnya mesti dirahasiakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: