arifin62

AWAS ALIRAN SESAT

In Tak Berkategori on Maret 24, 2011 at 2:14 pm

الحمدلله الذي جعل العلم طهارة للنفوس. ونورا للبصائر. وطريقا الى الحق. وهاديا الى الجنة. اشهد ان لآاله الاالله وحده لاشريك له. واشهد ان محمدا عبده ورسوله امرنا بالاجمال فى الطلب. واخبر بان لكل امرئ ماكسب. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه صلاة وسلاما دائمين متلازمين الى يوم القيامة. (امابعد) ياايهاالناس اتقواالله حق تقاته ولا تموتن الاوانتم مla سلمون.

Jamaah Jum at rahimakumullah.

Bertaqwalah kepada Allah, mari kita amalkan segala apa yang diperintah, dan menjauhi apa yang dilarang, selagi kita masih diberi kesempatan, agar kelak kematian kita dalam husnul khothimah.

Jamaah Jum at rahimakumullah.

Akhir akhir ini, sering diberitakan, bermuculannya aliran aliran sesat.

Kita, masyarakat kita, perlu membentengi diri agar tidak terseret ikut ajaran sesat itu.

Untuk membentengi diri itu, maka kita perlu tahu bagaimana tanda tanda atau ciri suatu ajaran itu patut kita curigai sebagai ajaran sesat.

Jamaah Jum at rahimakumullah

Apabila ada ajaran, berupa pemikiran atau suatu amalan, yang bertentangan dengan Alqor an dan sunnah, itulah yang dikatakan ajaran sesat.

Bagaimana kita mengetahuinya, bahwa ajaran, suatu pemikiran atau suatu amalan, bertentangan dengan Alqor an dan sunnah?

Kita dapat menilainya dengan beberapa cara, antara lain;

1.    Kita lihat saja, apakah setelah mempelajarinya, orang orang  itu semakin baik dari sebelumnya, ibadahnya, akhlak pergaulannya, kesabaran dan kebesaran jiwanya, kerendahan hatinya, omongannya, kepemurahannya. Ataukah, ibadahnya semakin berkurang, akhlak pergaulannya semamkin rendah, semakin pemarah, semakin pemberani, semakin angkuh, semakin banyak omong, tambah pembualan, semakin picik jiwanya, , atau juga semakin pelit?

2.    Bagaimana pula isi buku atau kitab yang mereka pelajari, adakah dasar qor an dan haditsnya, Apakah isi buku atau kitab itu tidak bertentangan dengan Alqor an dan sunnah atau pendapat ulama ulama yang sudah terkenal kealimannya.

Siapa penyusunnya, apakah penyusun buku itu menguasai tafsir, hadits, ushul tafsir, ushul hadits, fiqh dan ushul fiqh, serta kaidah kaidah bahasa Arab, nahwu shoraf dan balaghoh?.

3.    Apakah isi buku atau kitab itu, ada kemiripan dengan pemikiran atau ajaran dari agama lain atau ajaran dari tokoh tokoh yang sudah jelas sesatnya, atau diragukan kebenarannya.

4.    Kita lihat juga sang sigurunya, apakah ia Nampak sebagai orang saleh, riwayat masa lalulunya tidak cacat, ataukah mungkin orang itu sebenarnya pelarian dari tempat lain.

5.    Kita lihat juga, apakah gurunya suka memancing, supaya murid muridnya banyak banyak bersedaqah kepada guru. Karena jika siguru suka memancing mancing, supaya murid muridnya banyak banyak bersedaqah kepada siguru, berarti si guru adalah orang yang mencari keuntungan dunia dengan menjual ilmunya, hal ini yang sering tidak dusadari oleh murid murid yang mengikuti ajaran ajaran aneh yang menghebohkan.  Dan, begitu keresahan dimasyarakat mulai terdengar, sang guru lantas menyingkir, pergi mambawa hasil  duniawi yang ia keruk dari keluguan murid muridnya.

Jamaah Jum at rahimakumullah.

Di awal tahun 80, di Kaltim, ada pendatang, bertitel haji dan sarjana muda, ia mengajar tasauf, banyak yang belajar padanya, kehidupannya dijamin oleh murid muridnya, disediakan tempat tinggal,  kalau mau pulang kampung, ongkos diberi, kalau mau kembali lagi, uang dikirimi, diangkat pula menjadi mantu, dikawinkan dengan gadis bunga desa. Siguru jga dapat keuntungan dari  menjual buku dari ajarannya,

Tidak berapa tahun kemudian, terbongkarlah kalau titel haji nya palsu, titel sarjananya juga palsu, semua muridnya baru sadar, mereka telah berguru pada orang yang palsu.

Jamaah Jum at rahimakumullah.

ltu tadi satu contoh pengalaman pahit, sebagian masyarakat kita pernah terkecoh, karena tidak dapat memilah hingga salah memilih.

Oleh karena itu, kalau ada suatu ajaran baru, atau aliran baru, baru kita dengar, coba kita lihat, kkita teliti, berpatokan dengan beberapa hal tadi, maka Insyaallah kita akan dapat menilai bagus tidaknya ajaran itu untuk kita ikuti.

Memang bukan kapasitas kita kita untuk memutuskan suatu ajaran sesat atau  tidak, tapi dengan cara tadi, insyaallah kita dapat membentengi diri agar tidak gampang terseret ikut ikutan dalam suatu ajaran  yang berujung  menghebohkan, ajaran sesat.

Jamaah Jum at rahimakumullah.

Syaithon, menyesatkan manusia dengan berbagai cara, ia goda agar manusia melakukan yang dilarang, kalau tidak, ia goda agar tidak melaksanakan yang diperintahkan, kalau tidak, ia goda agar hilang keikhlasan, bahkan kemunkaran dipoles oleh iblis hingga orang orang mengamalkannya dengan anggapan itu sebagai amal kebaikan.

A ‘uzu billahi minsasyaithonirrajim.

Tsumma laatiyannahum min baini aidiihim, wamin khalfihim waan aymanihim waan syamailihim, fala tajidu aktsarahum syaakiriin.

Iblis berkata, Aku akan goda anak adam itu dari segala arah, depan dan dari arah belakang, maupun dari arah kiri dengan hal hal kemunkaran, bahkan dari arah kanan dengan hal hal yang baik sekalipun. Nanti hanya sedikit dari mereka yang benar benar taat.

الهم اهدنا الصراط المستقيم  صراط الذين انعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين

بارك الله لى ولكم فىالقرأن العظيم ونفعنى واياكم بمافيه من الايات والذكرالحكيم اقو ل قولى هذا وأستغفرالله  لى ولكم أنه هوالغفورالرحيم.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: